Jumat, 18 Februari 2011

Contoh Makalah CABANG-CABANG ULUMUL QUR'AN

A. PENGERTIAN ULUMUL QUR'AN

Kata Ulumul Qur'an tersusun dari dua kata secara idhofi ( kalimat yang terdiri dari mudhofad mudholifah ) yaitu kata ulum di Idhofahkan pada kata Al-Qur'an. Dari dua unsur kata tersebut akan makna kata Ulumul dan kata Al-Qur'an. Kemudian akan dibahas pula pengertian Ulumul Qur'an dan mengapa menggunakan bentuk jamak Ulumul Qur'an.
Ulumul Qur'an merupakan kumpulan berbagai ilmu yang berhubungan dengan Al-Quran. Pada dasarnya, ilmu-ilmu ini adalah ilmu agama dan bahasa Arab. Namun, menyangkut ayat-ayat tertentu seperti ayat-ayat kauniah dan perjalanan bulan dan bintang diperlukan pengetahuan kosmologi dan astronomi. Karena itu, ilmu ini mempunyai ruang lingkup yang luas dan dalam sejarahnya selalu mengalami perkembangan.

      1. Arti kata Ulum

      Kata Ulum secara etimologi adalah jamak dari kata ilmu. Menurut kata ilmu adalah masdar yang mempunyai arti paham atau makrifat. sebagian pendapat, kata ilmu merupakan isim jinis yang berarti luas. Kemudian kata ilmu mi berkembang dalam berbagai istilah dan li sebagai nama dari pengetahuan tentang Al-Qur'an.

2 komentar:

  1. salam kenal
    saya memang sedang mencari materi tentang ulumul Qur'an dan menemukannya di sini
    terimakasih sudah berbagi
    salam hangat dari soreang

    BalasHapus
  2. terma kasih telah berkunjung..........
    salam kenal kembali

    BalasHapus

Tinggalkan komentar