Rabu, 08 November 2017

BELAJAR SERVIS AC


AC atau Air Conditioner merupakan sebuah alat elektronik yang dapat digunakan untuk mendinginkan suhu ruang tertutup. Di rumah-rumah ataupun di kantor-kantor kita dapat dengan mudah menemukan alat elektronik yang satu ini. Pengguna AC di Indonesia terbilang sangat banyaj, mengingat negara Indonesia adalah negara tropis.
Suhu udara yang panas banyak membuat orang berbondong-bondong memasang AC dengan kenyamanan saat berada di dalam rumah. Sama seperti barang-barang elektronik lain, AC juga sangat rawan rusak. Penyebab dari kerusakan AC sendiri sangatlah bermacam-macam, mulai dari cacat produksi, umur, sampai dengan human error.
Pada kesempatan yang baik ini, om Pii akan mengajak anda semuanya untuk melihat sedikit informasi mengenai cara memperbaiki atau servis AC yang rusak.

Ada beberapa Langkah Dalam Memperbaiki AC

Sebelum memulai untuk melakukan service AC sendiri. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menganalisis kerusakan AC tersebut, karena ada banyak sekali bagian AC yang rawan rusak. Berikut adalah step by step perawatan dan perbaikian AC rusak yang bisa anda coba terapkan sendiri di rumah.

1. Periksa Kebersihan AC
Hal pertama yang harus anda lakukan jika AC sudah tidak lagi dingin adalah dengan mengecek kebersihan AC. Jika AC kotor, maka secara otomatis udara dingin yang dihasilkan akan berkurang. Untuk menjaga AC anda agar tetap awet, sebaiknya lakukan pembersihan secara rutin setiap tiga bulan sekali.

2. Periksa Kipas Outdoor
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa setiap AC selalu dilengkapi dengan kipas outdoor. Langkahnya mudah saja, tinggal nyalakan AC, lalu cek apakah kipas berputar dengan baik atau tidak. Jika tidak, matikan AC lalu bongkar kipas, biasanya ada sambungan kabel yang putus ataupun masalah pada komponen yang ada di dalamnya seperti motor terbakar, dll.

3. Periksa Kondensator
Setiap AC selalu dilengkapi dengan komponen yang bernama kondensator. Komponen tersebut memiliki bentuk seperti tabung. Silahkan cek apakah komponen tersebut terlihat tidak normal atau menggelembung. Jika iya, silahkan ganti dengan kondonsator baru lalu cek kembali apakah AC normal kembali atau tidak.

4. Periksa Kondensator Komprosesor
Langkah kali ini tak berbeda dari langkah sebelumnya, silahkan cek komponen kondensator untuk kompresor AC. Lihat apakah komponen tersebut terlihat normal atau tidak. Jika memang tidak, silahkan silahkan copot dan ganti dengan kondensator baru, lalu silahkan tes kembali.

5. Periksa Spark GAP
Mungkin sebagian besar dari anda masih asing dengan komponen AC yang bernama Spark GAP. Komponen yang satu ini berada di dalam AC dan memiliki bentuk seperti uang logam. Cek kondisi komponen tersebut apakah sudah hangus ataupun terbelah. Jika memang ia, berarti anda harus menggantinya dengan yang baru.

Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi kita semua, khususnya para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda bila bermanfaat.
(sumber:belajarelektronik.net)

Bagi yang Membutuhkan Teknisi AC silahkan menghubungi ini


 


0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar